Thursday, April 7, 2016

Menilik Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Burma

Peluang usaha dibidang peternakan memang menjanjikan dan bahkan bisa memberikan keuntungan yang besar. Salah satunya adalah budidaya ikan lele burma yang kini sedang populer dikalangan peternak lele. Minat masyarakat yang besar terhadap ikan ini dan banyaknya bisnis kuliner yang menyajikan menu lele yang selalu ramai membuat bisnis ternak lele cukup diminati.



Budidaya ikan lele memang sudah digeluti banyak orang sejak dulu sampai sekarang. Ditambah lagi jenis lele budidaya hasil persilangan yang memiliki keunggulan dibanding lele lokal seperti cepat berkembang, cepat besar dan tahan terhadap penyakit. Sekarang ini sudah terdapat beberapa jenis lele hasil persilangan yang dibudidayakan seperti lele dumbo, lele sangkuriang, lele phyton, lele masamo dan yang sedang tren sekarang budidaya lele burma.

Lele burma merupakan jenis lele terbaru yang dikembangkan di pasuruan jawa timur hasil persilangan Clarias gariepinus dari namsay thailand dengan Clarias gariepinus dari belanda. Lele burma memiliki beberapa keunggulan dibanding lele budidaya jenis lain seperti tahan terhadap penyakit, tahan banting, tahan terhadap kondisi ektrim, dan ikan lebih cepat besar.

Peluang usaha budidaya lele burma memeiliki prospek cerah dan menjanjikan. Sebagaimana di kutip dari http://peluangusaharumahan.info pembudidayaan lele burma bisa memberikan omset ratusan juta per bulan dengan keuntungan mencapai 50 jutaan. Salah satu pembudidaya lele burma yang sukses adalah Abdul Chafid dari Pasuruan Jawa Timur. Ia bersama timnya berhasil mengembangkan lele burma setelah melakukan try and error selama lebih dari dua tahun.

Chafid menjalankan usaha budidaya lele burma mulai dari pemeliharaan, penyediaan bibit dan pengembangan indukan. Ia bekerjasama dengan beberapa petani plasma dalam melakukan budidaya lele burma. meskipun sudah dibantu petani plasma tapi chafid masih kewalahan memenuhi permintaan lele burma yang sangat tinggi.

Pembudidayaan lele burma cukup mudah karena lele jenis ini tidak memiliki persyaratan tertentu untuk air dan tanah. Lele burma bisa di budidayakan di kolam tanah dan kolam semen. Selain itu bagi anda yang ingin mencoba usaha budidaya lele burma di rumah juga bisa dengan menggunakan kolam terpal sebab lele ini juga bisa hidup di kolam terpal.

Untuk memulainya tidak memerlukan modal yang terlalu besar karena anda hanya membesarkan lele saja kemudian di jual kembali. Modal yang perlu anda siapkan ada kolam terpal dengan ukuran 2m x 5m untuk menaruh bibit lele yang nantinya akan dibesarkan. kemudian modal untuk membeli bibit lele. harga bibit lele kisaran Rp 150-250/ekor untuk ukuran 4 cm. dengan modal sekitar 1 jutaan menurut saya sudah bisa memulai usaha budidaya lele burma sebagai awal merintis usaha ini.

Bagi anda yang tertarik dengan peluang usaha budidaya ikan lele burma dan ingin mencobanya silahkan pelajari tentang usaha budidaya ikan lele burma

Demikian sekilas mengenai prospek usaha budidaya ikan lele burma yang sangat menjanjikan ini. Apapun bisnis yang anda pilih kerja keras, ketenunan dan pantang menyerah sangatlah penting untuk sukses. Akan selalu ada resiko yang harus dihadapi saat menjalankan bisnis, jadi anda harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. bila anda bisa mengatasinya maka kesuksesan akan menghampiri anda. terima kasih semoga bermanfaat dan salam sukses.

Menilik Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Burma Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Haryen Harta Lena

0 comments:

Post a Comment